JURUSAN TARBIYAH

Jurnal Pendidikan Islam

Published biannually by Tarbiyah Department, State of Islamic college Pamekasan. It is published on June and December

ISSNĀ 1907-672X
Online-ISSN 2442-5494

Agenda

Jan1

Studium General Semester Gasal 2016/2017

07.00 - selesai

Auditorium STAIN Pamekasan

  • Studium General Semester Ganjil Jurusan Tarbiyah Tahun Akademik 2017-2018

  • Rapat Koordinasi

  • Ketua Prodi PBA menerima salah satu karya lomba kaligrafi yang diadakan Prodi PBA

  • Dialog Pubik Dengan Tema Eksekusi POLIGAMI oleh HIMA Prodi PAI

Festival Kesenian Arab Stain Ditutup Dengan Seminar Internasional

Selasa, 30 Agustus 2016

Oleh : Nurul Hadi, M.Pd Pamekasan,


(30/04/16) meriahnya Festival Kesenian Arab (FKA) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (HIMA PRODI PBA) STAIN Pamekasan telah resmi ditutup oleh Ketua Prodi PBA, Dr. Maimun Nawawi, M.H.I mewakili pimpinan STAIN. Hadir dalam acara penutupan ini, para dosen Prodi PBA, Ketua-ketua Organisasi mahasiswa, Mahasiswa PBA, Peserta Lomba dan undangan. Rangkaian kegiatan FKA 2016 ini ditutup dengan penyelenggaraan Seminar Internasional dengan Nara Sumber Prof. Dr. Bakri Muhammad Bakhit Ahmad dari Universitas Al-Qur’an al-Karim Khourtum Sudan. Dalam orasi ilmiahnya, guru besar yang aktif mengajar program pascasarjana pendidikan Bahasa Arab UIN Mliki Malang ini menyampaikan keistimewaan Bahasa Arab serta memberikan motivasi dalam belajar Bahasa Arab.


Salah satu bukti keunggulan Bahasa Arab adalah karena bahasa ini telah dipilih oleh Allah Swt. untuk dijadikan bahasa resmi Al-Qur’an. Kemudian bahasa Al-Qur’an ini menjadi kekal abadi sampai hari kiamat bahkan nanti di surga. Di sisi lain, Bahasa Arab menjadi pintu atas dibukaknnya kebaikan-kebaikan oleh Allah, karena dari bahasa Arab lah kita akan lebih banyak mengetahui ajaran Islam. Sedangkan untuk mempelajari Bahasa Arab, Profesor dari Universitas Al-Qur’an al-Karim ini memberikan beberapa syarat penting, yaitu 1. Harus ada keinginan yang kuat disertai dengan keikhlasan. 2. Kesabaran yang membuktikan keinginannya. 3. Gradasi dalam belajar. Sementara penyakit yang harus dihindari dalam belajar Bahasa Arab adalah “malu” bertanya dan “takut” salah dalam mempraktikkan bahasa Arab.


Sebelumnya, Festival Kesenian Arab diisi dengan berbagai lomba-lomba Bahasa Arab yang melibatkan Santri dari berbagai Pondok Pesantren se-Madura, Siswa Tingkat SMA dan Sederajat serta Mahasiswa. Adapun lomba-lomba yang diselenggarakan di antaranya: Olimpiade Bahasa Arab Tingkat SMA se-Madura, Lomba Pidato Bahasa Arab antar Pondok Pesantren se-Madura, Lomba Lagu-lagu Arab antar Pondok Pesantren se-Madura, Lomba Penyampaian Cerita Bahasa Arab tingkat SMA se-Madura dan Lomba Debat Bahasa Arab tingkat SMA dan tingkat Mahasiswa. Ketua HIMA PRODI PBA, Rousul Firdaus mengatakan bahwa pelaksanaan FKA tahun ini terbilang sukses dan peserta dari luar yang berpartisipasi jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. “Ini adalah kerja keras panitia yang semangat dalam menyukseskan acara tahunan FKA ini”. (Nuha)

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan Tarbiyah yang baru?

Sangat Bagus
50.0 %
Cukup Bagus
21.4 %
Cukup
14.3 %
Kurang
14.3 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 49926 Hits
Hari Ini : 8
Kemarin : 54
Bulan Ini : 1091
Tahun Ini : 8494
Total : 20826