FAKULTAS TARBIYAH

Jurnal Pendidikan Islam

Published biannually by Tarbiyah Department, State of Islamic college Pamekasan. It is published on June and December

ISSN 1907-672X
Online-ISSN 2442-5494

Agenda

Jun27

Yudisium Semester Genap 2018/2019

07.30

Auditorium Utama IAIN Madura

Feb7

Jan1

Studium General Semester Gasal 2016/2017

07.00 - selesai

Auditorium STAIN Pamekasan

  • Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 Th

  • Selamat Datang Mahasiswa Baru 2019

  • Hari Raya Idul Adha 1440 H

  • KRS Mahasiswa

  • Marhaban Ya Ramadhan 1440 Hiriyah

PRODI PAI FAKULTAS TARBIYAH IAIN MADURA SUKSES MELAKSANAKAN WORKSHOP SEKALIGUS PENANDATANGANAN MoU DENGAN LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENERAPAN SYARI’AT ISLAM (LP2SI) KABUPATEN PAMEKASAN

Kamis, 24 Oktober 2019

Pada hari Selasa bertepatan dengan tanggal 08 Oktober 2019 Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Madura Melaksanakan kegiatan Workshop peningkatan kompetensi Mahasiswa Prodi PAI dalam Perawatan Janazah sekaligus penandatanganan MoU antara Prodi PAI dengan Lembaga Pengkajian dan Penerapan Syari’at Islam (LP2SI). Dengan Nara Sumber Dr. Mohammad Haedar Dardiri, M.E.I dan Dr. Dzahiri. Acara ini dibuka oleh Bapak Dr. Atiqullah, M.Pd selaku dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Madura.


Dalam sambutannya Ibu Muliatul Maghfiroh, M.Pd.I selaku Ka. Prodi PAI menyampaikan bahwa tema ini dipilih dalam rangka pengembangan terhadap materi Mata kuliah Fiqih yang diprogram oleh mahasiswa semester 5 Prodi PAI yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru PAI, disamping itu ia juga menyampaikan “dengan ditandanganinya kerjasama atau MoU antara prodi PAI dan LP2SI diharapkan dapat membawa manfaat yang besar bagi IAIN Madura secara umum dan bagi Prodi PAI secara khusus”.


Dalam acara yang sama Ketua LP2SI yakni Dr. KH. Moh Zahid, M.Ag dalam sambutannya juga mengapresiasi dengan adanya kegiatan workshop perawatan janazah dan penandatanganan MoU ini. Ia menyampaikan. “saya sangat bangga dan berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada IAIN Madura yang telah mau bekerjasama dengan kami, juga secara pribadi saya bangga Prodi PAI mengadakan Workshop Peningkatan Kompetensi dalam bidang kapasitas yakni perawatan Janazah karena pada masa sekarang generasi kita cuek dan bahkan banyak tidak paham dalam bidang ini”. Selain itu dalam pembukaannya Dekan Fakultas Tarbiyah Bpk. Dr. Atiqullah, M.Pd menegaskan bahwa kegiatan ini sangatlah penting dalam rangka membumikan nilai-nilai profetik di masyarakat sebagai pengejewantahan terhadap Misi IAIN Madura yaitu Religius Kompetitif.


Pada kegiatan ini sangat istimewa karena selain dihadiri langsung oleh Ketua LP2SI Kabupaten Pamekasan, juga dihadiri oleh Dr. Umar Bukhori, M.Pd selaku Sekeretaris LP2SI sekaligus Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura, Dekan serta Wakil dekan Fakultas Tarbiyah, Ka. Prodi PAI, Dosen Prodi PAI, Sebagian besar Dosen Tarbiyah, serta Mahasiswa Prodi PAI semester 5. Kegiatan ini diadakan dalam memberikan pemahaman bagi Mahasiwa terkait perawatan Janazah sebagai bekal bagi mereka khususnya mahasiswa semester 5 yang sebentar lagi akan lulus dan hidup ditengah-tengah masyarakat yang mana kemampuan ini sangat dibutuhkan. Begitulah penegasan yang disampaikan oleh Bapak. Farah Ubaidillah, M.Th.I selaku penanggung Jawab sekaligus Moderator dalam kegitan ini.


Mahasiswa yang hadir pada kegiatan ini sangat antusias mengikuti acara tersebut. Hal itu terlihat dalam keaktifan mahasiswa dalam sesi praktek dan Tanya jawab. Dalam kegiatan kali ini selain penyampaian materi oleh narasumber juga dilaksanakan praktik bagaimana merawat janazah yang baik dan benar, mulai dari awal yaitu mempersiapkan segala yang dibutuhkan, memandikan hingga mengkafani si mayit. Dan kegiatan ini dipungkasi dengan sesi Tanya jawab dari mahasiswa.


Semoga dengan kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi kompetensi mahasiswa dalam bidang keagamaan dan kemasyarakatan, khususnya dalam perawatan jenazah sehingga pada masanya nanti para mahasiswa bisa menjadi insan yang siap pakai ketika terjun di masyarakat. (Abd. Mannan)