FAKULTAS TARBIYAH

Jurnal Pendidikan Islam

Published biannually by Tarbiyah Department, State of Islamic college Pamekasan. It is published on June and December

ISSNĀ 1907-672X
Online-ISSN 2442-5494

Agenda

Jun27

Yudisium Semester Genap 2018/2019

07.30

Auditorium Utama IAIN Madura

Feb7

Jan1

Studium General Semester Gasal 2016/2017

07.00 - selesai

Auditorium STAIN Pamekasan

  • Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 Th

  • Selamat Datang Mahasiswa Baru 2019

  • Hari Raya Idul Adha 1440 H

  • KRS Mahasiswa

  • Marhaban Ya Ramadhan 1440 Hiriyah

WORKSHOP PEMANFAATAN ALAT PENGINDEKS PUBLIKASI KARYA ILMIAH DOSEN TETAP NON PNS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) MELALUI PEMBUATAN AKUN GOOGLE SCHOLAR DAN ID SINTA, IAIN MADURA

Kamis, 24 Oktober 2019

Oleh Abdul Wafi, M.Pd


Jumat, 27 September 2019, Prodi Pendidikan Agama Islam  mengadakan workshop pemanfaatan alat pengindeks publikasi karya ilmiah Dosen Tetap  Non PNS Program Studi Pendidikan  Agama Islam (PAI) melalui pembuatan akun Google Scholar dan Id  Sinta. Acara ini, di buka oleh Bapak Dr. H. Atiqullah, S.Ag.,M.Pd. (Dekan Fakultas Tarbyah, IAIN Madura) dengan Narasumber Ibu Diana Widya Fakhriyani, S.Psi., M.Psi.


Bapak Atiqullah, menyambut baik dengan diaadakannya acara ini. Menurut beliau “Acara ini akan meningkatkan nilai-nilai silaturrahmi antar dosen khusunya keluarga besar dosen di prodi PAI.  Saya semakin optimis visi-misi kita Fakultas Tariyah secara umum dan prodi PAI secara khusus IAIN Madura akan tercapai yang dicanangkan hingga tahun 2029”. Disela-sela sambutannya Bapak Atiqullah, memerintahkan seluruh dosen yang hadir untuk sejenak berdiri, dalam rangka memperkenalkan cara memperagakan salam profetik. Kemudian para dosen mengikutinya dengan semangat memperagakan salam profetik tersebut. Di akhir sambutannya beliau menegaskan, perlunya memperkenalkan salam profetik ini, dimaksudkan untuk  membudayakan budaya religius kompetitif  di IAIN Madura, sehingga visi PAI “Menjadikan Penyelengara  Program Studi PAI yang unggul, Kompetetif, regelius berbasis Pendidikan Profetik pada 2029“.bisa tercapai.  Visi PAI ini merupakan visi turunan dari visi Fakultas Tarbiyah IAIN Madura.


Selain sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah, Ibu Muliatul Maghfiroh, M.Pd.I selaku Kaprodi PAI IAIN Madura iuga memberikan sambutan. Dalam Sambutannya beliau  mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Dr. H. Atiqullah, S.Ag.,M.Pd (Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Madura), Ibu Diana Widya Fakhriyani, S.Psi., M.Psi (Nara Sumber), dan semua dosen yang hadir pada acara ini. Dan juga berharap agar memanfaatkan workshop ini semaksimal mungkin. Sehingga nantinya karya-karya ilmiah dosen prodi PAI dapat terpublikasi dengan baik.


Para dosen sangat antusias dalam mengikuti workshop ini. Hal ini dibuktikan dengan cepatnya para dosen memahami intruksi narasumber Ibu Diana Widya Fakhriyani, S.Psi., M.Psi. dalam pembuatan akun Google Scholar. Ibu Diana  menyampaikan bahwa akun Google Scholar memiliki banyak manfaat. Apalgi bagi dosen yang telah banyak memiliki artikel Ilmiah. Google Scholar  dapat mempublikasikan karya-karya ilmiah para dosen secara terstruktur. Kelebihan yang lain, karya ilmiah yang sudah dipublikasikan di google Google Scholar dapat dijkutip oleh orang lain. Semakin banyak orang yang mengukutip karya ilmiah yang telah terpublis di akun Google Scholar maka nilai artikelnya semakin populer. Selain itu, semua orang yang mengutip artikel di akun Google Scholar akan terditeksi dan terekam otomatis diakun google scholar masing-masing (pungkasnya).


Setelah pembuatan akun Google Scholar selesai, dilanjutkan pembuatan Id SINTA. Pembuatan Id SINTA ini dikhususkan bagi dosen yang telah memiliki NIDN. Dalam proses pembuatannya juga tidak memerlukan waktu yang lama. Para dosen cepat memahami dan melaksanakan intruksi Ibu Diana Widya Fakhriyani, S.Psi., M.Psi. Akhirya acara ini  ditutup tepat pada pukul 10.30 WIB.

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web Fakultas Tarbiyah yang baru?

Sangat Bagus
50.0 %
Cukup Bagus
21.4 %
Cukup
14.3 %
Kurang
14.3 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 88675 Hits
Hari Ini : 14
Kemarin : 8
Bulan Ini : 514
Tahun Ini : 1081
Total : 55232