FAKULTAS TARBIYAH

Jurnal Pendidikan Islam

Published biannually by Tarbiyah Department, State of Islamic college Pamekasan. It is published on June and December

ISSN 1907-672X
Online-ISSN 2442-5494

Agenda

Jun27

Yudisium Semester Genap 2018/2019

07.30

Auditorium Utama IAIN Madura

Feb7

Jan1

Studium General Semester Gasal 2016/2017

07.00 - selesai

Auditorium STAIN Pamekasan

  • Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 Th

  • Selamat Datang Mahasiswa Baru 2019

  • Hari Raya Idul Adha 1440 H

  • KRS Mahasiswa

  • Marhaban Ya Ramadhan 1440 Hiriyah

Penjemputan Mahasiswa Praktik Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Tahun 2019 di Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Surabaya

Minggu, 6 Oktober 2019


Surabaya. Rabu, 2 Oktober 2019. Labolatorium Fakultas Tarbiyah bersama Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Madura melaksanakan penjemputan mahasiswa Praktik Manajemen Pendidikan (PMP 2) Gelombang 2 tahun 2019 yang dilaksanakan di kantor Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Surabaya. Acara tersebut dilakukan setelah tujuh mahasiswa MPI, IAIN Madura, yaitu Afif Fariqi, Bagus Setya Budi, Ubaidillah, Egy Daziz Yurianda, Moh.Imron, Slamet, dan Fannani Arifullah telah menyelesaikan masa praktik selama enam minggu. Kegiatan praktik dimulai pada tanggal 22 Agustus 2019 dan berakhir pada tanggal 2 Oktober 2019.

Kegiatan penjemputan di kantor Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) dihadiri secara langsung oleh Dr. Misbah selaku Direktur Eksekutif KPI, Andin, M.Psi. sebagai pihak HRD, dan Ustad Wawan, selaku Kepala Lembaga Wafa. Sementara itu, dari IAIN Madura diwakili oleh Dr. H. Ali Nurhadi selaku Kaprodi MPI, S.Pd.,M.Pd. dan Dr. Abd. Mukhid, M.Pd selaku Kepala Labolatorium Fakultas Tarbiyah IAIN Madura.

Saya ucapkan terima kasih atas ilmu yang telah disampaikan kepada mahasiswa kami. Tentu mereka telah mendapatkan tentang desain-desain serta pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan yang ada di kampus. Harapan kami dari prodi MPI, bersama KPI, kerjasama yang sudah terjalin akan berlanjut ke ranah sektor lainnya, seperti kerjasama dalam bidang pengabdian masyarakat dan gagasan pembuatan KPI kecil di Madura. Ungkap Dr. H. Ali Nurhadi, kaprodi MPI, dalam sambutannya.
“Jalur praktik ini merupakan jalur peminatan bagi mahasiswa praktik. Selain jalur peminatan terdapat pula jalur berdasarkan kompetensi mahasiswa. Sebagai Kepala Laboratorium Fakultas Tarbiyah, Saya selalu mendukung dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada KPI serta memohon maaf apabila ada perbuatan maupun tutur kata yang kurang berkenan dari para mahasiswa praktik.” tambah Dr. Abd. Mukhid selaku Kepala Lab. Fakultas Tarbiyah IAIN Madura.
Bagi mahasiswa PMP 2, kegiatan ini memberikan dua manfaat besar untuk jenjang karir berikutnya. Pertama, kegiatan praktik ini dapat memperdalam latihan mahasiswa tentang manajemen pendidikan atau administrasi kependidikan di lembaga. Kedua, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman praktis dari karyawan serta para pimpinan di KPI.
“Saya berharap melalui praktik ini, mahasiswa memiliki bekal yang dapat diteruskan kepada lembaga serta rekan mahasiswa lainnya. Ingat, karakter diri berupa muhasabah capaian dan kekurangan diri, pemanfaatan setiap kesempatan, dan keefektifan waktu. Tetap biasakan rutinitas berkegiatan agama, berdiskusi, dan saling bertukar informasi ” Ujar Direktur KPI, Dr. Misbah.

Dalam acara tersebut, setiap mahasiswa juga memberikan curah pengalamannya selama melakukan praktik di KPI. Secara umum, ada beberapa nilai yang didapatkan mahasiswa, mulai dari sumbangsih pengalaman spiritual, nilai kedisiplinan, manejerial tata kelola acara dan keorganisasian. Acara kemudian ditutup dengan doa oleh Ustad Wawan dan diakhiri foto bersama serta pemberian cinderamata.
“Terima kasih atas kelapangan dan kerendahan hati seluruh karyawan dan pimpinan KPI. Di sini karakter saya bertumbuh. Dalam lingkungan yang stabil. Saya banyak belajar tentang praktik kedisiplinan dan tata cara bermitra. Di sini Saya dapat mengetahui kekurangan Saya untuk kemudian Saya perbaiki.” Kesan M.Imron, Mahasiswa PMP 2 di KPI. (SR)

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web Fakultas Tarbiyah yang baru?

Sangat Bagus
50.0 %
Cukup Bagus
21.4 %
Cukup
14.3 %
Kurang
14.3 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 84865 Hits
Hari Ini : 30
Kemarin : 35
Bulan Ini : 914
Tahun Ini : 12259
Total : 51767