FAKULTAS TARBIYAH

Jurnal Pendidikan Islam

Published biannually by Tarbiyah Department, State of Islamic college Pamekasan. It is published on June and December

ISSNĀ 1907-672X
Online-ISSN 2442-5494

Agenda

Jun27

Yudisium Semester Genap 2018/2019

07.30

Auditorium Utama IAIN Madura

Feb7

Jan1

Studium General Semester Gasal 2016/2017

07.00 - selesai

Auditorium STAIN Pamekasan

  • Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 Th

  • Selamat Datang Mahasiswa Baru 2019

  • Hari Raya Idul Adha 1440 H

  • KRS Mahasiswa

  • Marhaban Ya Ramadhan 1440 Hiriyah

Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa: Kiat Sukses Mahasiswa Praktik di Sekolah/Madrasah

Senin, 23 September 2019

Pamekasan. Senin, 23 September 2019. Labolatorium Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan kegiatan workshop kepada dosen dan mahasiswa peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL 2) di Aula Fakultas Tarbiyah. Kegiatan ini sekaligus sebagai pembekalan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri terjun langsung di sekolah-sekolah praktikan. Tema yang diusung dalam pelatihan ini adalah Kiat Sukses Mahasiswa Praktik di Sekolah/Madrasah.


“Kegiatan workshop diikuti oleh dosen dan mahasiswa. Jumlah Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan Supervisor 60 orang dan mahasiswa sejumlah 92 mahasiswa yang berasal dari koordinator dan sekretaris perwakilan sekolah praktikan dari 8 prodi karena satu prodi yaitu Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sudah selesai pada gelombang satu. Diharapkan melalui workshop ini mahasiswa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari pemateri.” Ujar Dr. Abd. Mukhid, M.Pd selaku Kepala Labolatorium Fakultas Tarbiyah.


“Acara ini sangat penting sebagai bentuk komunikasi antara sekolah, guru, dan DPL. Selain itu, acara ini dapat digunakan sebagai penanaman nilai profetik oleh mahasiswa sehingga tidak hanya sebagai visi misi melainkan dapat sebagai metodologi dalam meraih visi misi.” Ujar Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. H. Atiqullah, S.Ag, M.Pd. dalam sambutannya.


“Workshop seperti ini adalah bagian dari proses pembentukan guru profesional, setelah saya mengikuti kegiatan Forum Grup Discussion (FGD) di Jakarta, saya yakin Fakultas Tarbiyah memiliki potensi membuka program profesi guru sebab program ini sangat ditunggu-tunggu oleh guru di sekolah.” Tambah Dr. Nor Hasan, M.Ag.


Dalam penyampaian materi, Bapak Mohammad Holis selaku pemateri menyajikan bekal yang sangat berharga agar mahasiswa mampu menjalankan peran maksimal di sekolah sebagai mahasiswa PPL. Beberapa materi yang disampaikan antara lain, meluruskan nilai-nilai niat mengajar (kemampuan pedagogik), arti keikhlasan sebagai pengajar, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan, kreativitas berinovasi, penerimaan kritik dan perbaikan diri, kemampuan menyelesaikan masalah, pengelolaan konflik, kedisiplinan, etos kerja, dan keberaniaan untuk keluar dari zona nyaman. Adapun selain menggunakan metode ceramah, pemateri juga menggunakan media video serta contoh konkret pelaksanaannya bersama siswa di sekolah.


“Saya sangat terkesan dengan acara ini, selain mendapatkan teori pembelajaran, saya juga dituntut untuk mengamati ragam budaya sekolah khususnya di MTsN Sumber Bungur. Ini adalah bagian dari persiapan saya sebelum berangkat di sekolah. Harapan saya, acara seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahun agar mahasiswa mendapatkan bekal pengalaman sebelum praktik di lapangan. Ungkap Nurun Fadillah, Mahasiswa Prodi PAI, penempatan PPL di MA Ummul Quro Putri Plapak Peganten. (SR)

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web Fakultas Tarbiyah yang baru?

Sangat Bagus
50.0 %
Cukup Bagus
21.4 %
Cukup
14.3 %
Kurang
14.3 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 84870 Hits
Hari Ini : 34
Kemarin : 35
Bulan Ini : 918
Tahun Ini : 12263
Total : 51771